Translate

Sunday, March 20, 2016

BAKPAO KARTUN ISI DAGING

Kali ini saya sajikan menu Bakpao Karakter Kartun yang sangat di sukai anak-anak kita di rumah. Dan selamat mencobanya Bunda Kreatif.



Bahan-bahan Roti Bakpao

@Tepung terigu protein rendah 200 gram
@Tepung tang mien 50 gram
@Gula pasir 5 sendok makan
@Ragi ( fermipan ) 1 sendok teh
@Mentega putih 3 sendok makan
@Baking powder 1 sendok teh
@Garam 1/2 sendok teh

Bahan Isian Bakpao

@Daging sapi cincang / giling 200 gram
@Kecap manis 3 sendok makan
@Saus tiram 2 sendok makan
@Serai 1/2 batang ( dimemarkan )
@Daun salam 2 lembar
@Bawang bombay 1/2 buah ( cincang halus )

Bumbu Halus Isian Bakpao

@Bawang putih 2 siung
@Bawang merah 3 siung
@Kunyit 1 siung
@Pewarna makanan secukupnya
@Air 250 ml

Cara Membuat Bakpao

Langkah awal campurkan 150 ml air dengan gula pasir dan ragi lalu diamkan selama 20 menit hingga berbuih.
Selanjutnya campurkan tepung terigu, tepung tang mien dan baking powder, setelah adonan tercampur dengan rata masukkan campuran air, gula dan ragi yang sebelumnya sudah disiapkan. 
Uleni adonan hingga kalis, kemudian ditambahkan dengan garam dan mentega putih. uleni terus adonan hingga benar-benar kalis. lalu diamkan adonan selama 45 menit hingga adonan mengembang.

Untuk Isian Bakpao

Langkah awal tumis bumbu halus dan bawang bombay lalu masukkan daging cincang,
Masukkan 100 ml air, gula, garam, serai dan salam lalu aduk hingga rata. masak terus dengan menggunakan api kecil hingga air habis.
Setelah itu kempiskan adonan yang telah mengembang, potong sesuai dengan keinginan
Potongan besar untuk bakpao karakter kartun besar dan potong kecil untuk bakpao karakter kartun kecil lalu warnai sesuai dengan selera.

Pipihkan adonan, beri isian tumisan daging kemudian bentuk adonan warna sesuai dengan pola. Misalnya bentuk  mata, kerudung, mulut, rambut, telinga, hidung dan lain sebagainya sesuai karakter kartun yang akan di bentuk.
Bentuk adonan sesuai dengan keinginan, setelah adonan bakpao sudah jadi segera dikukus kurang lebih selama 10 menit dengan menggunakan api sedang.
Setelah matang keluarkan bakpao dari kukusan dan letakkan di piring untuk hidangan.


Bakpao berkarakter kartun yang sangat di sukai anak-anak sudah siap dinikmati selagi hangat dengan minuman hangat atau minuman dingin agar lebih lezat.
masukkan bakpao kartun isi daging ke dalam wadah tertutup bertujuan agar tekstur empuk bakpao tetap terjaga dan tidak menjadi keras.
Bakpao dapat di makan bergitu saja atau bisa juga disajikan dengan saus sambal atau saus tomat untuk menambah citarasanya lezatnya.

Bagikan resep ini ke teman dan saudara Bunda,agar mereka juga dapat membuatnya sendiri di rumah agar anak-anak menyukainya.


Salam Bunda Kreatif.

No comments:

Post a Comment