Translate

Sunday, March 27, 2016

BIKA AMBON PANDAN KHAS MEDAN

Bunda Kreatif…

Kali ini saya akan sajikan Resep menu special Bika Ambon Pandan Khas Medan dengan rasa yang khas dan kelezatan yang akan membuat kita ketagihan untuk memakannya lagi dan lagi.


Selamat mencoba Bunda Kreatif…




Bahan untuk membuat Bika Ambon Pandan

@ Tepung terigu 100 gram saja. Gunakan tepung yang mempunyai kandungan protein sedang dan ayak terlebih dahulu sampai halus sebelum digunakan
@ Ragi instan 10 gr
@ Air bersih 125 ml. Disarankan menggunakan air kelapa asli supaya rasa dan aromanya lebih harum dan enak
@ Telur ayam 7 butir
@ Tepung ketan 25 gr
@ Tepung sagu 225 gr
@ Pewarna makanan pandan hijau 10 ml
@ Air daun suji pandan 50 ml. Campuran ini dibuat dari 2 lembar daun pandan segar dan daun suji kurang lebih sebanyak 20 lembar
@ Daun jeruk nipis segar sebanyak 13-15 lembar. Cuci bersih lalu sobek sobek supaya aroma segar khas jeruknya nya keluar. Bisa dihilangkan kalau tidak suka.
@ Santan segar dari 1 buah kelapa kurang lebih sebanyak 1/4 liter
@ Batang serai diambil bagian putihnya saja kurang lebih sebanyak 2 batang. Cuci bersih lalu memarkan batangnya supaya aromanya keluar.
@ Daun pandan segar 2 lembar untuk memberikan aroma khas pandannya.
@ Gula pasir 300 gr.
@ Garam dapur beryodium 2 sendok teh.

Cara Membuat Kue Bika Ambon Pandan

Langkah pertama adalah membuat adonan biangnya.

Siapkan satu wadah dan masukkan air bersih, tepung terigu dan ragi instannya kemudian aduk aduk ketiga bahan tersebut sampai tercampur rata kemudian biarkan selama kurang lebih 15 menit.

Panaskan panci kemudian tuang santan bersama daun jeruk yang sudah disobek, garam dapur, batang serai, air daun suji, daun pandan dan gula pasirnya kemudian aduk aduk sampai mendidih supaya semua bahan tercampur rata dan santannya tidak pecah.

Saring rebusan santan diatas dan sisihkan kurang lebih sebanyak 450 ml.
Ambil adonan biangnya dan kemudian tambahkan tepung sagu dan 25 gram tepung ketannya kemudian aduk sampai semua bahan tercampur rata. Sebaiknya diaduk menggunakan mixer yang spiral supaya tercampur sempurna.

Pecahkan telur dan masukkan satu per satu ke dalam adonan diatas sambil tetap diaduk aduk supaya tercampur sempurna.
Masukkan adonan santan sedikit demi sedikit ke dalam adonan diatas sambil tetap diaduk aduk menggunakan mixer sampai tercampur sempurna kemudian diamkan selama kurang lebih 2 jam supaya mengembang sempurna.

Siapkan Loyang yang sudah di olesi minyak. Tidak perlu dialasi kertas roti karena nanti akan membuat kuenya tidak bersarang.

Tuang adonan Bika Ambon ke dalam loyang tetapi jangan sampai terlalu penuh (cukup sekitar 3/4 tingginya). Dan, adonan yang sudah didiamkan jangan diaduk lagi.

Masukkan Loyang ke dalam oven yang sudah panas dan tunggu sampai keluar sarangnya. Bunda juga bisa menambahkan hiasan toping seperti parutan keju, kenari, kacang almond dan lainnya.

Setelah itu pintu oven bisa ditutup dan menggunakan api bawah dan masak sampai benar benar matang dan bagian atasnya berwarna kuning kecoklatan.
Setelah adonan matang, keluarkan Loyang dan letakkan Bika Ambon yang sudah matang ke atas piring.
Potong sesuai ukuran yang di inginkan dan Bika Ambon Pandan siap di sajikan untuk keluarga Bunda tercinta.

Bagikan resep ini pada teman atau saudara Bunda agar mereka juga bisa membuatnya di rumah dan selamat mencoba.


Salam Bunda Kreatif.

No comments:

Post a Comment